4 Kesalahan Online Shopper saat Order ke Vendor Jual Kaos Polos

Pada hakikatnya, kegiatan belanja online, bukan sekadar gaya-gayaan, tapi juga kebutuhan. Sayangnya, para online shopper masih sering melakukan kesalahan yang sama saat order barang yang dibelinya, tidak terkecuali order ke vendor yang jual kaos polos. Kesalahan apa saja yang umum dan sering terjadi dan harus Anda hindari? Berikut beberapa contohnya.

  1. Enggan Baca FAQ

Kesalahan pertama yang sering dilakukan online shopper adalah terlalu malas untuk baca FAQ (Frequently Asked Questions). Hal ini bisa dilihat dari kolom komentar yang pertanyaannya masih itu-itu saja. Bahkan, ada pertanyaan yang sudah sangat jelas tertera pada informasi yang berada di atas kolom komentar tersebut.

Misalnya, tanya tentang harga, berapa ongkos kirim, ada tidaknya diskon, ukuran apa saja untuk kaos yang tersedia, dan semacamnya. Untuk pertanyaan tersedia atau tidaknya stok kaos atau baju polos, tentu saja jawabannya dipastikan ada. Karena, jika stoknya habis, informasi inilah yang akan disampaikan pertama kali dalam deskripsi produknya.

  1. Kurang Teliti

Anda pernah kecewa dengan produk yang dibeli secara online karena proses pengiriman yang lama? Jika barang dikirim begitu Anda melakukan konformasi pembayaran dan belum sampai sesuai perkiraan, sebenarnya bukan sepenuhnya tanggungjawab penjual. Bahkan bisa jadi human error-nya terletak pada Anda sebagai pembeli.

Misalnya, Anda salah memberi alamat dan tidak menyertakan nomor handphone yang bisa dihubungi. Jadi, pastikan untuk menulis nama dan alamat yang jelas. Sebaiknya, gunakan nama orangtua atau orang terpopuler di tempat tinggal Anda sehingga petugas ekspedisi lebih mudah menemukannya.

Selain itu, cantumkan juga nomor handphone Anda yang aktif agar Anda bisa dihubungi untuk menunjukkan jalan saat petugasnya kesulitan menemukan tempat tinggal Anda. Pastikan juga nama pemilik dan nomor rekening penjualnya benar.

  1. Menawar Harga

Kesalahan berikutnya adalah menawar harga. Bagi kaum perempuan, hal ini wajar-wajar saja, apalagi jika belanja di penjual offline. Lantas, bagaiamana dengan penjual online? Apakah memang seperti pasar swalayan? Konteksnya tentu berbeda, tapi dari segi etika, sebaiknya tawar-menawar harga kaos polos tersebut bisa dihindari.

Apalagi jika Anda belanja di vendor terbesar dan terpopuler. Karena biasanya, sudah ada harga diskon, gratis ongkir, bisa bayar di tempat dan semacamnya. Jadi sebenarnya, harga barang yang ditawarkan sudah pasti lebih murah dari harga awalnya.

  1. Asal Order

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, Anda harus teliti saat ingin order. Nah, pada poin ini, kesalahannya jauh lebih fatal. Pembeli tidak mau baca FAQ, tidak bertanya, dan tidak baca deskripsi produknya. Jika Anda melakukan hal serupa, sudah bisa dipastikan kaos yang dipesan tidak akan sesuai dengan harapan.

Misalnya, Anda pesan kaos polo polos bahan katun combed 30S ukuran L warna hitam. Padahal sudah disebutkan dalam deskripsi bahwa stok warna hitam lebih cepat habis, jadi harus menyertakan warna alternatif yang disukai. Jika Anda tidak menyantumkannya, maka pembeli dianggap setuju untuk membeli warna lainnya sesuai anjuran penjual.

Anda bisa saja pesan warna coklat atau biru navy, dua warna lain kesukaan Anda. Tapi jika yang dikirim warna kuning, jelas Anda tidak bisa menyalahkannya. Jika Anda tertarik untuk beli kaos desain polos yang berkualitas secara online, pilih polos.co.id. Pelayanan terbaiknya dijamin membuatĀ  Anda terhindar dari melakukan kesalahan umum para online shopper.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *