5 Spot Terbaik Saat Hanami, Festival Bunga Sakura yang Cantik

Musim semi menjadi waktu yang ditunggu di Jepang, karena saat itulah bunga sakura bermekaran sekali dalam setahun. Untuk itu diadakanlah hanami, yaitu festival untuk melihat bunga. Tertarik pergi ke Jepang untuk ikut hanami? Siapkan tiket, visa dan asuransi perjalanan Anda dari sekarang.

  1. Himeji Castle, Hyogo

Kastil Himeji yang telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO ini berada di Kota Hyogo. Kastil ini telah berdiri sejak tahun 1600-an, namun tetap kokoh bertahan walau telah mengalami kebakaran, gempa bahkan perang. Setelah direnovasi selama lebih kurang 5 tahun, kastil ini telah dibuka kembali untuk umum.

Dengan suasana kastil yang masih asli, Kastil Himeji dikelilingi oleh seribu pohon sakura. Hal ini membuat pemandangan di lingkungan kastil tua ini sangat menakjubkan bak negeri dongeng. Pantas tempat ini dijadikan salah satu spot terbaik ketika hanami.

  1. Ueno Park, Tokyo

Taman yang terletak di Uenokouen, Taitou-ku, Tokyo ini merupakan salah satu tempat hanami favorit. Taman seluas lebih kurang 54 hektar ini ditumbuhi hampir 9000 pohon yang sebagian besarnya adalah pohon sakura. Pada bulan April hingga Mei ketika bunga sakura bermekaran, taman ini akan dipenuhi nuansa merah muda atau putih yang menawan.

Pohon sakura ini sebagian tumbuh di sekitar kolam Shinobazu. Di jembatan yang terbentang di atas kolam, ditambah penerangan lampion, membuat pemandangan sakura semakin cantik di malam hari. Selain itu, Anda pun bisa melihat-lihat situs bersejarah di dalam taman ini. Mulai dari kuil, pagoda hingga patung perunggu Saigo Takamori.

  1. Hirosaki Castle, Prefektur Aomori

Kastil Hirosaki dibangun oleh Tsugaru sekitar abad ke 17. Kastil ini dikelilingi kurang lebih 2600 pohon bunga sakura dengan lebih dari 80 varietas. Hal ini menjadikan Kastil Hirosaki menjadi tempat hanami terbesar di seluruh Jepang.

Letaknya yang berada di bagian utara Honshu membuat jadwal hanami di kastil ini lebih lambat dibandingkan Tokyo atau Osaka yang berada di tengah Jepang. Biasanya hanami identik pada akhir Maret, namun di kastil ini terlambat sekitar 3-4 minggu sehingga hanami-nya dilakukan pada akhir April.

  1. Shinjuku Gyoen, Tokyo

Shinjuku Gyoen merupakan tempat yang sangat strategis untuk melakukan hanami karena berdekatan dengan Stasiun Shinjuku. Taman seluas 58 hektar ini ditumbuhi sekitar 1300 pohon sakura dari 65 jenis. Bermacam-macam jenis pohon sakura ini memiliki waktu mekar yang berbeda pula, sehingga hanami di tempat ini dapat dilakukan lebih lama

Taman yang dibuat sejak jaman Edo ini dibagi menjadi tiga area, yaitu taman tradisional Jepang, taman bernuansa Perancis dan taman ala victorian Inggris. Ketiga area ini memiliki karakteristik yang sesuai. Pada bagian Jepang terdapat kolam-kolam besar dengan jembatan. Di bagian Perancis terdapat kebun mawar dan bagian victorian yang tertata rapi.

Karena tempatnya yang strategis, Shinjuku Gyoen selalu ramai dipadati oleh pengunjung. Untuk itu Anda harus bersabar jika ingin menikmati hanami di tempat ini. Pastikan pula Anda telah membawa bekal makanan untuk piknik di tempat ini.

  1. Meguro River

Sungai Meguro juga menjadi salah satu tempat terindah untuk menikmati hanami. Ada sekitar 800 pohon sakura di sisi Sungai Meguro antara Jembatan Kamenoko hingga Ikejiri-Ohashi. Anda bisa menikmati hanami di tempat ini sambil berjalan-jalan atau duduk-duduk di restoran tepi sungai tersebut.

Demikian spot-spot terbaik untuk menikmati keindahan hanami. Jika Anda tertarik untuk pergi ke Jepang saat hanami berlangsung, pastikan Anda cari tiket murah mulai dari sekarang. Jangan lupa pula untuk membeli asuransi perjalanan, karena musibah datang tanpa permisi. Jika Anda sudah memiliki asuransi perjalanan, liburan Anda menjadi lebih tenang, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *